Asus Zenpad Z170CG - 1GB - 8GB - 7 Inch

Asus Zenpad Z170CG - 1GB - 8GB - 7 Inch
Rp 1.249.000

SONY PLAYSTATION 4 (PS4) 500GB

SONY PLAYSTATION 4 (PS4) 500GB
Rp 4.675.000 - 5.500.000

Sabtu, 25 Oktober 2014

Gejala Tifus dan Cara Mengobatinya


Ketahui Gejala Tifus dan Cara Mengobatinya

Tifus adalah penyakit demam yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Proses penyebarannya yaitu ketika kuman masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang telah terkontaminasi bakteri dan berkembang biak dalam tubuh melalui saluran pencernaan, bakteri menembus dinding usus menuju saluran limfa dan menyebar ke saluran darah dalam jangka waktu 24-72 jam. Dalam sistem retikuloendothealial bisa terjadi perkembang biakan lagi dan setelah itu menyebar kembali ke pembuluh darah dan berdampak beberapa gejala klinis.
Pada masyarakat penyakit ini terkenal dengan sebutan Tipes, Tifus atau Thypus, tetapi dalam dunia medis penyakit ini disebut Typhoid Fever atau Thypus abdominalis dikarenakan penyakit ini berhubungan dengan usus.
gejala tifus 300x184 Ketahui Gejala Tifus dan Cara Mengobatinya
gejala tifus
Kenali lebih dalam gejala tifus, jika penderita dalam 5-6 hari mengalami gejala demam yang hilang-timbul maka ada kemungkinan penderita terkena tifus. gejala tifus biasanya diawali dengan demam dan sakit kepala disertai dengan sakit perut dan kesadaran yang kian menurun. Pertolongan awal untuk penderita tifus lebih baik memberikan obat demam, namun bila sakit tambah parah, ada baiknya dibawa ke dokter. Dan setelah penderita berada di rumah sakit ada kemungkinan penderita dirawat inap bila fase tifus berada dalam fase kritis, karena obat-obatan di wairung sudah tidak bekerja lagi.


Ciri-ciri Penderita Demam Tifus :

tifus 300x150 Ketahui Gejala Tifus dan Cara Mengobatinya
tifus
  • Demam kira-kira 39 derajat Celcius hingga 40 derajat Celcius
  • Sakit perut
  • Cepat lelah
  • Hidung berdarah
  • Sakit kepala
  • Hilang nafsu makan
  • Denyut jantung menurun
  • Bintik merah pada kulit
  • Diare, namun terkadang penderita sulit BAB
  • Mual-mual
  • Kurangnya kesadaran hingga berdampak pingsan
  • Bila tidak segera ditanggulangi mengakibatkan kebocoran pada usus penderita

1. Minggu Pertawa (Awal Terinfeksi)

demam 300x150 Ketahui Gejala Tifus dan Cara Mengobatinya
demam
Terhitung setelah masa inkubasi 10-14 hari, gejala penyakit ini seperti penyakit lainnya terjadi demam tinggi, sakit kepala, pusing, muntah, mual, batuk, diari, dan lain-lain.
Pada minggu pertama, lidah pada penderita mengalami kotor ditengah, tepi dan ujung lidah. Penderita mengalami diare yang tambah parah. Tenggorokan mengalami kekeringan dan terjadi peradangan. Ruam pada kulit, bercak-bercak merah biasanya berlangsung sekitar 3 hingga 5 hari dan menghilang.

2. Minggu Kedua

Jika pada minggu pertama penderita mengalami demam yang berangsur meningkat setiap harinya, dan pada pagi hari yang menurun kemudian meningkat lagi pada sore dan malam hari. Pada minggu kedua, penderita akan mengalami suhu demam yang kian meningkat, dan penurunan suhu yang akan lebih jarang. Tetapi terjadi perlambatan nadi penderita yang normalnya nadi seharusnya meningkat bersamaan dengan meningkatnya suhu tubuh.
Tahap ini memasuki gejala ketika kuman sudah masuk ke dalam aliran darah, ditandai dengan gejala delirium dimana penderita mengalami rasa pusing yang teramat sangat, gangguan pendengaran mulai terjadi, lidah terlihat kering dan merah mengkilat. Diare kian lebih sering dan berwarna gelap disebabkan karena terjadi pendarahan. Perut mengalami kembung dan sering terjadi gangguan kesadaran, hingga penderita mengalami rasa kantuk terus menerus, dan mulai tidak nyambung bila berkomunikasi.

3. Minggu Ketiga

Pada minggu ketiga, minggu dimana penderita harusnya berangsur membaik. Jika tidak terjadi komplikasi atau dapat terobati, suhu badan berangsur menurun kedalam ukuran normal, gejala-gejala yang telah timbul akan berkurang. Walaupun saat minggu ketiga sangat rawan terjadi komplikasi pendarahan. Sebaliknya, jika gejala tifus belum tersembuhkan atau lebih buruk, gejala-gejala minggu kesatu dan kedua akan lebih parah. Jika tidak cepat ditangani oleh dokter ada kemungkinan terjadi kematian pada penderita.

Cara Mengobati Gejala Tifus :

jamu 300x187 Ketahui Gejala Tifus dan Cara Mengobatinya
jamu
1. Segera periksa ke dokter setempat sebelum gejala lebih parah, agar dapat mendapatkan penanganan untuk pencegahan agar tidak menjalar dan perbanyak istirahat.
2. Obat-obatan untuk penderita tifus salah satunya adalah antibiotik, analgesic dan cairan infus bila penderita sudah tidak bisa mengkonsumsi makanan lagi atau hilang nafsu makan.
3. Mengkonsumsi makanan lunak atau mudah dicerna contoh seperti bubur, dan tidak boleh mengkonsumsi makanan pedas ataupun asam selama terjangkit penyakit tersebut.
4. Pengobatan herbal atau alami bikinan sendiri, dapat mencoba rebusan labu yang sudah dibersihkan, lalu buang isinya kemudian blender hingga halus, dan minum rutin setiap hari.
5. Pengobatan terakhir adalah pengobatan rebusan cacing tanah. Cacing tanah diyakini dapat mengobati penyakit tifus, hal ini terbukti dengan pengalaman pribadi yang saya sendiri mengalami gejala tifus. Dengan mengkonsumsi jamu cacing, 30 menit setelah makan dapat menurunkan panas demam. Walau segala makanan terasa pahit, paksakan masuk sedikitnya 3 sendok nasi dan usahakan jangan dimuntahkan. Setelah itu, minum jamu cacing, dan istirahatkan tubuh anda. Bila jijik dengan cacing, anda dapat mengkonsumsi kapsul cacing yang tersedia di apotik atau dapat dicari di toko obat cina.


sumber:  http://www.gudangkesehatan.com/ketahui-gejala-tifus-dan-cara-mengobatinya/
thumbnail
Judul:

Gejala Tifus dan Cara Mengobatinya


Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Terimakasih Sudah Singgah di sini ! :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
http://simbolonbermanhot.blogspot.com @Van Bolon - Published by Bamz