Asus Zenpad Z170CG - 1GB - 8GB - 7 Inch

Asus Zenpad Z170CG - 1GB - 8GB - 7 Inch
Rp 1.249.000

SONY PLAYSTATION 4 (PS4) 500GB

SONY PLAYSTATION 4 (PS4) 500GB
Rp 4.675.000 - 5.500.000
Yoins.com INT

Minggu, 26 Oktober 2014

latihan taichi bisa mempertebal daya tahan tubuh kita dari serangan penyakit

Lima orang berdiri membentuk formasi bujur sangkar. Salah satu berdiri di luar formasi sebagai pemandu. Mata mereka terpejam. Telapak tangan bertumpuk di depan pusar dan sedikit menekan. Bagi laki-laki, telapak tangan kanan berada di depan, perempuan sebaliknya. Itulah meditasi tan tien, salah satu sesi dari tai chi ji kung Pro Patria di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta.
Meditasi itu berlangsung 15 menit. Setiap peserta melakukan pernapasan perut. Menghirup lewat hidung, merasakan jalannya udara melewati otak, punggung, kaki lalu berputar dan ditahan di perut selama lima hitungan. Setelah itu perlahan-lahan udara diembuskan melalui mulut.
Setiap menghirup udara, ujung lidah menempel pada gusi bagian atas, saat mengembuskan menempel pada gigi bagian bawah. “Gerakannya seperti katup,” ujar sang pelatih, Noviar A.M., kepada Tempo, Senin lalu.
Meditasi tan tien sangat mudah. Tapi banyak peserta, kata Noviar, yang keliyengan di tengah meditasi. Kaki kesemutan dan persendian kaku akan dirasakan peserta yang jarang olahraga. Jika peserta berkonsentrasi penuh, badan mulai terasa hangat, lalu keringat sedikit demi sedikit keluar.
Tan tien adalah istilah Cina untuk bagian tubuh yang letaknya 3 sentimeter di bawah pusar. Menurut Noviar, tan tien diyakini kedokteran Tiongkok tradisional sebagai titik awal sirkulasi dari energi. Setiap menghirup udara, napas ditahan di bagian ini. Meditasi ini merupakan sesi kedua dalam tai chi Pro Patria sebelum pemanasan. Selanjutnya peserta melakukan gerakan jurus-jurus tai chi. Lalu ditutup dengan senyum pencerahan.
Pada tingkat awal, tai chi Pro Patria terdiri atas delapan jurus, di antaranya Bangau Mengepakkan Sayap, Naga Sakti menjulurkan Cakar, Itik Mustika Menerobos Bunga Teratai, Menambatkan Kuda, serta Menanyakan Jalan. Beberapa gerakan adalah gabungan di antara delapan jurus itu.
Tai chi Pro Patria merupakan salah satu jenis senam kesehatan. Latihan ini memadukan antara pikiran, napas, energi, dan gerak. “Ini merupakan teknik mengolah napas,” kata Noviar. Teknik mengolah napas, kata dia, bertujuan mendapatkan energi yang disebut chi.
Masing-masing jurus mempunyai fungsi yang berlainan. Misalkan jurus Bangau Mengepakkan Sayap, yang menyalurkan energi chi ke paru-paru. Menurut Noviar, ada lima organ tubuh yang menjadi perhatian latihan tai chi, yaitu hati, jantung, paru-paru, limpa, dan ginjal.
Salah satu peserta, Iwan Kurniawan, merasakan manfaat mengikuti senam ini. Pusing dan kesemutan yang sering dirasakan mulai berkurang. Bahkan pria 27 tahun itu tidak lagi mengalami kesulitan tidur atau insomnia. Lain lagi bagi Mustaqim, 28 tahun. Sejak mengikuti tai chi Pro Patria, ia merasa badannya tidak mudah lelah. Pria yang kerap bepergian ke luar kota ini yakin senam tai chi justru menambah energi.
Noviar membenarkan apa yang disampaikan Mustaqim dan Iwan. Tai chi berbeda dengan senam lainnya. Senam biasa lazimnya menguras energi, sedangkan tai chi justru mengumpulkan energi.
Menurut Noviar, senam ini mampu menyembuhkan penyakit, di antaranya mengurangi kadar gula dalam darah, kolesterol, asam urat, tekanan darah tinggi, rematik, wasir, dan migrain. Edy, yang mengikuti senam ini selama satu tahun, mengatakan gula darahnya turun dari 500 menjadi 150. “Badan saya bertambah bugar,” katanya.
Mengapa tai chi bisa menyembuhkan? Menurut Noviar, kesembuhan bukan karena tai chisecara langsung. Latihan ini membantu tubuh mendapatkan keseimbangan metabolisme tubuh. Menurut Noviar, tubuh yang rentan penyakit disebabkan oleh metabolisme tubuh yang kurang baik. Dengan memperbaiki metabolisme tubuh berarti mengatasi penyebab munculnya penyakit.
Latihan tai chi akan sempurna manfaatnya jika diikuti dengan terapi alami, yaitu minum air putih. Noviar menyarankan peserta tai chi minum enam gelas air setelah bangun tidur dalam satu hingga satu setengah jam.
Tai chi ji kung Pro Patria didirikan oleh V. Lie Kuang Hwa di Madiun, Jawa Timur, 39 tahun silam. Latihan ini di bawah organisasi Shaolin Kung Fu Pro Patria, yang juga didirikan Lie Kuang Hwa. Noviar adalah murid Lie Kuang Hwa. AKBAR TRI KURNIAWAN.

Sumber:http://propatria.ukm.ugm.ac.id/tai-chi-senam-pengumpul-energi/
thumbnail
Judul:

latihan taichi bisa mempertebal daya tahan tubuh kita dari serangan penyakit


Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Terimakasih Sudah Singgah di sini ! :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
http://simbolonbermanhot.blogspot.com @Van Bolon - Published by Bamz