Asus Zenpad Z170CG - 1GB - 8GB - 7 Inch

Asus Zenpad Z170CG - 1GB - 8GB - 7 Inch
Rp 1.249.000

SONY PLAYSTATION 4 (PS4) 500GB

SONY PLAYSTATION 4 (PS4) 500GB
Rp 4.675.000 - 5.500.000

Sabtu, 25 Oktober 2014

penyakit ureter/batu ginjal



FAKTOR PENYEBAB, GEJALA, CARA PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN MEDIS + ALAMI PENYAKIT BATU GINJAL



6 Votes

Nyeri sakit batu ginjal atau juga kencing batu konon katanya seperti ada silet menyayat di perut sebelah bawah. Penderita bisa mendadak guling-gulingan di lantai menahan rasa sakit tersebut. Setelah itu biasanya kencingnya merah seperti darah. Kalau sudah begini biasanya si penderita harus menjalani operasi untuk menghancurkan atau mengikis si batu penyumbat. Memang benar, pada umumnya penderita gangguan saluran kencing merasakan kejadian seperti itu. Hal itu disebabkan adanya penyumbatan oleh batu yang bisa terjadi di saluran ureter, kandung kemih ataupun di ginjal itu sendiri.
Di ginjal, batu bisa terbentuk di jaringan, bisa juga di saluran. Batu di jaringan biasanya tanpa keluhan dan gejala. Pasien tenang-tenang saja walau ada batu di ginjalnya. Namun pada saat check-up, bisa jadi tahu-tahu batu di ginjal sudah seujung kelingking, tanpa keluhan atau gejala.
Batu di jaringan baru bergejala kalau sudah menekan saluran ginjal yang membuat aliran urin tersumbat. Lain dengan batu di saluran ginjal. Gejala batu muncul jika ukuran batu sudah lebih besar dari saluran ginjal sehingga aliran urin di ginjal tersumbat. Nyeri di pinggang menjalar ke perut bawah, kemaluan, dan paha sebelah dalam. Bisa juga disertai demam, mual sampai muntah, selain nyeri kepala.
Batu ureter membuat penderita merasakan nyeri kolik yang sangat dahsyat pada saat batu dari ginjal gagal melewati pipa ureter. Batu yang tersangkut di ureter menimbulkan luka bagai disilet. Ureter berdarah dan kencing berwarna merah air daging. Kebanyakan batu ureter spontan lolos keluar. Waktu kencing terasa ada yang mengganjal, mendadak nyeri hebat, lalu ada yang mencolot keluar, disusul dengan kencing berdarah. Besar batu umumnya sebiji kedelai.
Batu ureter yang gagal keluar tinggal di kandung kemih menjadi batu buli-buli. Selain rasa tidak enak, ngilu di atas kemaluan, pada pria nyeri terasa di ujung penis. Batu buli-buli yang gagal keluar, bercokol di sana dan bertambah besar, sampai tiba saatnya menimbulkan keluhan. Gejala dan keluhan batu buli-buli sering terabaikan sebab jarang menimbulkan serangan sedahsyat batu ureter. Gejala-gejalanya ialah kencing tidak lancar, kencing tersendat pada posisi berdiri, tapi lancar kalau posisi miring atau berbaring.
Pengobatan Alami untuk Batu Ginjal
Minum air rebusan daun kumis kucing, daun tempuyung dan herba meniran (seluruh bagian tanaman kecuali akar)
Cara pembuatan : Air Rebusan dari daun kumis kucing, daun tempuyung, dan herba meniran, masing-masing kurang lebih 2 gram kering dari ketiga tanaman di atas direbus dengan dua gelas air. Rebus selama kurang lebih 10-15 menit hingga air tersisa satu gelas. Minum air rebusan tersebut satu gelas sehari.
Ada empat jenis batuTerdapat empat jenis batu kemih yaitu batu cysteine, batu urate, oxalate dan batu campuran. Jenis batu ditentukan oleh pola geografis tempat orang tinggal dan mengkonsumsi air minum, selain oleh pola epidemik batu. Jika air minum banyak zat kapurnya, pada kebanyakan penduduk pesisir misalnya, sekalipun tidak berbakat atau punya bawaan kena batu, kemungkinan kena kencing batu lebih besar.
Sebaliknya yang minum air mineral pun bisa kena kencing batu jika metabolisme zat kapur tubuh terganggu. Pada penyakit kelenjar anak gondok (parathyroid), dan penyakit bawaan saluran ginjal, zat kapur membanjir di urin. Zat kapur di urin mengendap menjadi kristal calon batu.
Setelah sekian tahun, kristal membentuk batu kemih. Awalnya batu terbentuk di ginjal. Kristal batu bisa langsung turun ke kandung kemih membentuk batu buli-buli atau bisa juga batu turun setelah berbentuk batu ginjal.
Pembentukan batu kemih bukan proses satu-dua bulan, melainkan bertahun-tahun. Tergantung seberapa besar kandungan zat pembentuk batu dalam urin, volume minum harian, pernah tidaknya kekurangan cairan untuk waktu lama, riwayat infeksi saluran kemih, dan apa punya kebiasaan suka menahan kencing. Kurang minum, sering berpuasa (tanpa diiringi banyak minum saat buka dan sahur-tambahan penyalin), keseringan mencret dan muntah, sering anyang-anyangan, hobi menahan kencing, adalah faktor-faktor yang mempercepat dan mempermudah terbentuknya batu kemih. Selain itu vitamin D dan zat kapur yang berlebih di dalam tubuh juga meningkatkan risiko pembentukan batu.
Untuk mencegah agar batu kemih tidak terbentuk, semua faktor pembentuk batu kemih, yang bawaan maupun akibat pola menu harian bersiko membentuk batu kemih, harus ditiadakan.
Selain itu biasakan pula hal-hal di bawah ini:
  • Minum air putih sedikitnya 2,5 liter sehari, usahakan minum setiap menjelang tidur malam.
  • Rajin kencing sebelum kebelet, sebab menahan kencing memberi peluang kristal batu yang sudah ada mengendap lebih lama di saluran kemih
  • Yang punya riwayat pernah infeksi saluran kemih berulang, perlu periksa kemungkinan ada batu kemih lewat pemeriksaan urin
  • Waspada jika sering anyang-anyangan, kencing pernah merah, sakit pinggang hilang timbul, mendadak sering kencing, kencing tersendat, atau kencing terasa nyeri.
Dikutip dari:
Kompas Cyber Media
http://www.rumahsakitmitrakemayoran.com/mengenal-penyakit-saluran-kemih/
http://sovianchoeruman.wordpress.com/2010/07/05/obat-herbal-batu-ginjal/
http://hanifatunnisaa.wordpress.com/2012/09/12/faktor-penyebab-gejala-cara-pencegahan-dan-pengobatan-medis-alami-penyakit-batu-ginjal/
thumbnail
Judul:

penyakit ureter/batu ginjal


Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Terimakasih Sudah Singgah di sini ! :

1 komentar:

  1. thank differences of information , I would ask permission for share Links I Regarding traditional medicine Chronic Renal Failure . Once Again thank differences information

    BalasHapus

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
http://simbolonbermanhot.blogspot.com @Van Bolon - Published by Bamz